Sabtu, 29 November 2008

DIklat KTSP 2008

28-11-2008 16:51 WIB
Guru SMP Dilatih Susun Kurikulum

BOGOR - Sebanyak 520 guru SMP se- Kabupaten Bogor belajar menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pelatihan itu merupakan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan KTSP yang terbagi dalam enam kelompok dan berlangsung di enam titik lokasi.

Kelompok empat dilaksanakan di Hotel Salak Kota Bogor, kemarin. Sekolah yang tergabung dalam kelompok empat ini yakni SMPN 1 Caringin, SMPN 2 Cigombong, SMPN 3 Ciawi, SMPN 1 Cijeruk, SMP PGRI Ciawi dan SMP Islam Terpadu Al-Kahfi.

Masing-masing sekolah mengutus sepuluh guru untuk mengikuti Bimtek Penyusunan KTSP. Bimtek KTSP itu untuk membekali guru dalam menyusun KTSP dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) alias silabus. “Guru yang mengikuti Bimtek yakni guru matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, PKN, TIK, Penjas, Seni Budaya dan Agama,” ujar Koordinator Pengawas (Korwas) Yadi Rohyadi.

Menurut dia, peserta tak hanya mendapat materi penyusunan KTSP, tapi langsung menyusun KTSP dengan mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan. Hasilnya akan dipresentasikan masing-masing peserta untuk diperiksa dan dievaluasi narasumber.

Dia menambahkan, para guru harus menguasai teknik penyusunan KTSP. Sebab, KTSP dibuat sendiri oleh pihak sekolah sesuai kebutuhannya. Karena itu, RPP yang disusun guru harus mengacu pada KTSP yang dibuat sekolah. “Guru tidak bisa lagi mengkopipaste penyusunan RPP, karena sudah ada KTSP yang dibuat sendiri oleh sekolah. Jadi, guru harus mampu membuat RPP yang menyenangkan dan tidak monoton,” imbuhnya.

Tidak ada komentar: