Kamis, 20 November 2008

Pembangunan SMP Negeri 3 Ciawi

07-11-2008 12:55 WIB
Pemkab Survey Lokasi Dua Sekolah

CARINGIN - Tak ingin kecolongan lagi, Pemkab Bogor menurunkan tim gabungan untuk mensurvey lahan pembangunan gedung sekolah SMPN 3 Ciawi dan SMAN Caringin. Sebelumnya pengadaan lahan pembangunan gedung milik Pemkab ini sering diintervensi pejabat teras Pemkab maupun DPRD Kabupaten Bogor, seperti kasus pengadaan lahan gedung SMAN 1 Ciomas. "Penilaian kali ini melibatkan semua unsur Pemkab Bogor," kata Tim Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Pemkab Bogor, Yudi Santosa kepada Radar Bogor, kemarin.

Hasil dari survey kali ini, sambung Yudi, akan diputuskan paling lambat pada 15 Desember 2008 mendatang. Sedangkan untuk pembayaran tanah juga pada 2009.

Lahan yang dicek oleh tim, ada empat lokasi berbeda. Untuk SMPN 3 Ciawi ada dua lokasi diantaranya di RT 01/ 03 Kampung Kidul Desa Cibedug dengan luas tanah 1,3 hektare dan RT 01/ 01 Desa Cibedug Kecamatan Ciawi dengan luas tanah 3.852 M2. Sedangkan lahan pembangunan SMAN Caringin ada dua lokasi yaitu di Kampung Lebur Situ Desa Cimande Hilir dengan luas 1,2 hektare dan RT 02/ 03 Lampung Lio Desa Cimande Hilir dengan luas 1,3 hektare.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Ciawi, M Daulay berharap pembangunan gedung sekolah ini tak ada penundaan lagi. "Jika terlalu lama kasihan para siswa, khususnya kelas 3 yang akan menghadapi ujian akhir," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Ciawi, Ny Ukah mengatakan setiap tahunnya jumlah siswa SMPN 3 Ciawi selalu bertambah. "Ya, kami sangat bersyukur jika tahun ini sudah ada ketetapan lokasi pembangunan. Sehingga kami tidak merasa kahwatir lagi," katanya.

Sebenarnya, pembangunan gedung sekolah bisa berasal dari berbagai sumber dan tidak hanya mengandalkan dari APBD saja. "Biasanya ada dana APBN, DAK, dan masih banyak lainnya," ungkap Ukah.

Kasie Pembangunan Kecamatan Caringin, Udun Saidun mengatakan dimanapun lokasi pembangunan tidak menjadi masalah asalkan penetapan lahan serta pembangunan gedung segera dilakukan. "Para siswa SMAN Caringin tidak bisa selamanya menumpang terus di SMPN 1 Caringin yang kini sudah memasuki tahun kedua," ujarnya.

Saat ini kedua sekolah masih menumpang, SMPN 3 Ciawi masih menumpang di SDN Cibedug 3, SDN Pajajaran 1 dan 2, serta SDN Banjarsari 1. Sedangkan SMAN Caringin menumpang di SMPN Caringin. (luc)

Tidak ada komentar: